Read more: http://www.pengerindu.com/2011/12/dapatkan-facebook-like-fanpage-popup.html#ixzz1hRGMQk11

Selasa, 05 Juli 2011

Rakyat Malaysia Terbelah Soal Kebijakan Baru Rekrut TKW

 Selasa, 5 Juli 2011

INFO Terkini(Petaling Jaya) - Berdasarkan MoU baru Indonesia-Malaysia, pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia bisa direkrut langsung oleh majikan Malaysia tanpa melalui agen. Kebijakan ini ditanggapi pro dan kontra oleh rakyat Malaysia.

Untuk para agen TKW, kebijakan baru ini dinilai bisa menghindari permainan para majikan yang memanfaatkan jaminan 6 bulan uang kembali. CK Wong (50), seorang agen, mengatakan mereka harus mengembalikan uang ke majikan jika PRT dalam jangka 6 bulan sudah kabur atau tidak bisa bekerja.

"Majikan menyewa PRT lima bulan, lalu meminta uang kembali dengan alasan pembantunya tidak bisa kerja. Lalu dia menyewa pembantu dari agen lain dan mengulangi lagi tindakan dia tanpa harus keluar uang," kata Wong.

Sementara, para ibu rumah tangga menilai kebijakan ini akan menimbulkan masalah. Thanarani Silvanathan (58) mengatakan, dengan kebijakan baru ini tidak ada jaminan apapun jika pembantunya tidak bisa bekerja atau memiliki masalah medis. Majikan juga harus menanggung tiket pesawat untuk PRT yang pulang ke Indonesia jika ternyata mengalami masalah kesehatan.

"Kita mengadu ke siapa jika ada masalah dengan pembantunya?" tanya Silvanathan.

Menaker Malaysia Datuk Dr S Subramaniam sebelumnya pada Minggu (3/7) mengumumkan bahwa majikan sekarang bisa menyewa PRT Indonesia tanpa lewat agen. Kebijakan ini berdasarkan MoU baru antara Malaysia dan Indonesia yang ditandatangani di Bandung, 30 Mei lalu.

Seorang majikan, Caroline Lum (50) yang bekerja sebagai manajer keuangan, mengatakan banyak majikan lebih memilih membayar agen daripada mengisi formulir PRT dan mencari PRT itu secara langsung. Hal itu dinilai hanya menguntungkan majikan yang sudah punya kontak dengan pembantu di Indonesia.

Sementara Amira Suraya (23), menyambut baik perekrutan langsung PRT Indonesia. Hal itu bisa menghemat biaya agen. "Buat yang sudah punya pembantu, akan lebih mudah mempekerjakan ulang pembantunya tanpa lewat agen," kata dia.

Sedangkan pensiunan Mohsen Khalaf (59), mengatakan perekrutan PRT langsung memang menghemat uang, namun kualitas pembantunya tidak bisa dijamin. "Saya yakin masalah ini bisa ditangani pemerintah. Cuma soal waktu untuk membiasakan diri dengan formulir dan prosedur," kata dia.
Smbr


Harumsouvenir telah memproduksi berbagai macam paketAromatherapy  Anda Berupa: 
- Sabun Natural 
  - Garam Natural  
  -Berbagai macam lilin  
 -Dupa Aromatic  
  -Massage oil  
-Paket Spa 
-Lulur 
  -Paket hand body Lotion
   Aneka souvenir Aromatherapy

0 komentar:

Posting Komentar

Trik Berkreasi di Facebook

Sumber Berita

Harum Souvenir,Harum Aromatic

Free banner otomatis 120x90

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

 

Ahmad Roup

E-mail:ahmadroup@gmail.com

Denpasar Bali

Aneka Aromatherapy